Kesehatan

Makanan dan Kesehatan

Tanda dan Gejala Gangguan Ginjal

Dalam kondisi yang tidak terlalu berat, gangguan ginjal mungkin tidak memberikan dampak  yang terlalu berarti . orang banyak yang mengeluhkan ginjalnya justru jika penyakitnya sudah begitu parah. Dengan mengetahui gejala lebih awal, diharapkan Anda dapat segera berobat karena sedini mungkin penanganan maka kemungkinan akan sembuh semakin besar. Berikut ini adalah beberapa gejala dari munculnya gangguan ginjal.

  • Merasa mudah lelah dan kurang bertenaga
  • Memiliki masalah berkonsentrasi
  • Kurang nafsu makan
  • Mengalami masalah sulit tidur
  • Keram otot di malam hari
  • Kaki dan lutut mendadak bengkak
  • Kurung menjadi kjering dan gatal
  • Lebih sering kencing terutama malam hari

Adapun tanda dan gejala terjadinya gagal ginjal yang dialami penderita secara akut antara lain: bengkak mata, kaki, nyeri pinggang hebat(kolik), kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah/darah, sering kencing, kelainan pada pemeriksaan urin:ditemuka protein, sel darah merah/eritrosit, sel darah putih/leukosit, bakteri.

Apakah Anda cukup sering dan cukup jelas mengalami gejala-gejala tersebut, jika iya, mungkin Anda memerlukan sedikit pemeriksaan. Ini dia 3 pemeriksaan kunci untuk memastikan bahwa kondisi ginjal Anda baik-baik saja:

  1. Pemeriksaan tekanan darah.karena ginjal berkaitan dengan tekanan darah, maka gangguan pada organ yang satu ini bisa mengacaukan tekanan darah sehinggamenjadi lebih tinggi dari biasanya.
  2. Pemeriksaan protein urin. Jika protein dalam urin Anda berlebih, bisa jadi filternya telah bocor dan mengalirkan beragam protein yang seharusnya tidak bisa lolos. Munculnya protein dalam urin merupakan pertanda awal terjadi gangguan pada ginjal, terutama bagi penderita DM. tapi kondisi ini bisa saja tidak menggambarkan  gangguan pada ginjal jika Anda memang sedang mengalami demam atau melakukan program latihan fisik yang berat. Ada beberapa jenis parameter pemeriksaan kerusakan ginjal yang ditandai dengan protein dalam urin:
  • Ratio protein-kreatinin. Nilai yang baik adalah 200mg/gm atau kurang. Lebih dari itu dapat dikatakan tinggi.
  • Ratio albumin-kreatinin. Nilai yang baik adalah 30 mg/gm atau kurang. Lebih dari itu merupakan tanda munculnya gangguan pada ginjal.
3. Pemeriksaan kreatinin darah

Kreatinin adalah salah satu zat produk/ hasil metabolism. Dari penghitungan kadar kreatinin darah Anda dapat mengetahui seberapa besar ginjal  Anda masih berfungsi. Caranya adalah menghitung laju penyaringan glomerulus (Glomerulus Filtration Rate atau GFR) . GFR menunjukkan seberapa baik ginjal bekerja untuk membuang sampah dari dalam darah. Nilai yang baik adalah 60/ lebih. Jika kurang dari itu maka terdapat kemungkinan akan muncul gangguan ginjal. Mintalah dokter untuk menghitung angka itu.

ginjal bengkak (709)kaki bengkak ginjal (307)gejala ginjal bocor (260)pembengkakan ginjal (231)gejala ginjal bengkak (174)mata kaki bengkak (159)penyebab kaki bengkak (140)gejala kaki bengkak (113)gejala kreatinin tinggi (101)penyebab kreatinin tinggi (92)penyebab pembengkakan ginjal (84)kreatinin tinggi (80)kreatinin adalah (79)penyebab ginjal bengkak (79)pergelangan kaki bengkak (77)kreatinin tinggi artinya (77)penyebab ginjal bocor (75)kaki bengkak dan gatal (56)kreatin tinggi (53)kreatinin darah (43)

Tags: DM, gagal ginjal, gangguan ginjal, gejala, gejala ginjal, GFR, glomerulus, kerusakan ginjal, kondisi ginjal, Kreatinin